Kamis, 21 Januari 2010

:: Adab dan akhLak menuntut ilmu ::

Di dalam Al Qur’an diterangkan bahwa sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Ilmu merupakan sarana utama menuju kebahagiaan abadi. Ilmu merupakan pondasi utama sebelum berkata-kata dan berbuat. Dengan ilmu, manusia dapat memiliki peradaban dan kebudayaan. Dengan ilmu, manusia dapat memperoleh kehidupan dunia, dan dengan ilmu pula, manusia menggapai kehidupan akhirat.

Baik atau buruknya suatu ilmu, bukan karena ilmunya, melainkan karena niat dan tujuan si pemiliki ilmu. Ibarat pisau, tergantung siapa yang memilikinya. Jika pisau dimiliki oleh orang jahat, maka pisau itu bisa digunakan untuk membunuh, merampok atau mencuri. Tetapi jika dimiliki oleh orang baik, maka pisau itu bisa digunakan untuk memotong hewan qurban, mengiris bawang atau membelah ikan.

: Adab menuntut ilmu itu banyak sekali ,, diantaranya :

1. Mengikhlaskan niat karena Allah ta'ala

2. Berdo'a kepada aLLah supaya mendapatkan Taufiq dalam menuntut ilmu

3. Bersemangat dalam melakukan perjalanan menuntut ilmu

4. Berusaha semaksimal mungkin untuk menghadiri kajian-kajian ilmu

5.Apabila ada seseorang yang datang belakangandi tempat kajian hendaknya tidak mengucapkan salam apabila dapat memotong pelajaran yang berjalan, kecuali kalau tidak menganggu maka mengucapkan salam itu sunah.

6. Tidak mengamalkan ilmu merupakansalah satu sebab hilangnya barakah ilmu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar